Physics Education

Cute Green Pencil

Jumat, 05 Mei 2017

Ledakan Supernova

PROSES TERJADINYA LEDAKAN SUPERNOVA DAN AKIBATNYA




Ledakan Supernova adalah suatu ledakan luar biasa besarnya yang terjadi pada bintang dan menimbulkan energi atau tenaga yang luar biasa besar. Kejadian ini merupakan suatu tanda dari berakhirnya kehidupan bintang tersebut. Bintang yang mengalami ledakan ini akan terlihat lebih cemerlang dan kekuatan sinarnya bisa menjadi beratus ratus juta kali lipat dari kekuatan sinar sebelumnya.

Hal ini terus berlangsung dalam jangka waktu mingguan maupun bulan. Kemudian sinar bintang dari ledakan supernova ini akan melepas energi yang kekuatannya sama dengan energi dari matahari. Dan setelah ledakan terjadi material bintang akan runtuh dan memunculkan suatu gelombang kejut sehingga medium antar bintang menjadi musnah semua. Itulah kejadian luar biasa yang tak diketahui kenapa sebabnya selain bahwa kejadian itu merupakan akhir dari kehidupan bintang.


PROSES TERJADINYA LEDAKAN SUPERNOVA

Dari berbagai rujukan yang telah ditulis para peneliti, tahapan-tahapan terjadinya ledakan supernova bisa diurutkan sebagai berikut :

1. Pembengkakan
    Sebelum mengalami ledakan supernova, sebuah bintang akan mengalami pembesaran atau pembengkakan. Hal ini mengakibatkan warna bintang menjadi merah. Sementara ukuran di bagian dalam atau intinya justru mengalamui penyusutan karena penyusutan inilah bintang menjadi lebih panas dan padat

2. Inti Besi
    Proses ledakan supernova selanjutnya adalah ketika seluruh dari bagian inti bintang sudah hilang, maka di dalamnya hanya terdapat unsur besi saja. Dari sinilah dalam waktu yang sangat singkat kehidupan sebuah bintang akan memasuki tahap kehancuran. Hal ini terjadi karena adanya struktur besi yang membuat atom di dalam bintang  tidak mampu untuk melaksanakan reaksi fusi agar dapat menjadi elemen berat. Pada kondisi inilah merupakan situasi kritis bagi sebuah bintang inti di dalam bintang tidak bisa melakukan fungsinya sehingga panas di dalam inti meningkat dan tidak terkendali.

3. Peledakan
    Tahapan dari proses ledakan supernova selanjutnya adalah terjadinya ledakan itu sendiri. pada proses inilah suhu di dalam inti bintang akan terus bertambah suhu panasnya hingga menjadi seratus milyar derajat. Lalu energi yang muncul dari inti akan pindah dan menyelimuti seluruh bagian dari bintang.

Kejadian selanjutnya adalah ledakan yang sangat dahsyat yang disebut ledakan supernova, sehingga mampu menyebabkan suatu gelombang kejut, dan ketika gelombang kejut ini mengenai material bintang pada bagian kulit luar, material yang ada juga akan ikut menjadi panas. Selanjutnya material ini akan berubah menjadi elemen yang baru serta isotop radioaktif.

4. Pelontaran
    Setelah terjadi gelombang kejut, maka bintang yang meledak akan memunculkan sejumlah material. Kemudian metrial ini, akan terlontar menuju ruang angkasa dan saling bertebaran di sana. Material-material yang bertebaran di angkasa ini kemudian ada yang berhasil sampai ke bumi


DAMPAK LEDAKAN SUPERNOVA

Dengan terjadinya ledakan supernova yang begitu luar biasa dahsyatnya, tentu saja menimbulkan beberapa dampak. Beberapa dampak atau efek yang disebabkan oleh ledakan supernova adalah sebagai berikut :
A. Menimbulkan Munculnya Logam
     Pada bagian inti bintang setelah terjadi ledakan supernova akan terdapat suatu reaksi nuklir. Dari sini kemudian muncul unsur lain yang kadar beratnya lebih besar dari helium dan hidrogen. Dan sewaktu ledakan terjadi, semua unsur ini terlontar keluar dari bintang dan menjadikan awan di sekitar bintang menjadi penuh dengan unsur-unsur yang berat.

B. Terdapat Kehidupan Dalam Alam Semesta
     Setelah unsur yang berat atau logam tadi terlontar ke ujung angkasa ketika terjadi ledakan supernova, maka unsur ini lalu pindah dan masuk pada bagian lain yang letaknya sangat jauh dari bintang yang meledak. Unsur ini kemudian berkumpul dan bergabung lagi serta membentuk sebuah bintang atau menjadi planet baru dalam alam semesta raya ini.

Sumber : http://www.anneahira.com/ledakan-supernova.htm

0 komentar:

Posting Komentar